6 Hal Yang Wajib Anda Diskusikan Dengan Jasa Pembuatan Kolam Renang Profesional

jasa pembuatan kolam renang

6 Hal Yang Wajib Anda Diskusikan Dengan Jasa Pembuatan Kolam Renang Profesional

Jasa pembuatan kolam renang bisa Anda pekerjakan untuk menggarap lahan sisa yang ada di rumah Anda untuk dijadikan kolam renang. Memiliki kolam renang pribadi bisa memberikan sarana rekreasi yang bisa digunakan oleh penghuni rumah kapan saja Anda mau selain itu juga bagus untuk rumah yang harmonis karena unsur air sangat penting untuk memberikan kesan yang lebih nyaman pada sebuah rumah. Membuat kolam renang sendiri tidak perlu terlalu besar, yang penting bisa memanfaatkan lahan yang tersedia dengan baik dan bisa dirawat dengan baik. Oleh karena itu biasanya penyedia jasa pembuatan kolam juga menyediakan jasa untuk melakukan perawatan kolam seperti misalnya membersihkan kolam, mengganti air dan menabur kaporit, dan sebagainya.

Tentu ada banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan renovasi rumah, apalagi jika ingin mengubah halaman belakang jadi area kolam renang pribadi. Selain memilih jasa pembuatan kolam renang yang sudah profesional dan terpercaya, ada beberapa faktor yang mesti dipertimbangkan terlebih dahulu. Seperti misalnya kolam renang dibuat mau untuk apa, tersedia sumber daya yang cukup untuk membuat kolam renang? Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum atau saat membuat kolam untuk melengkapi desain interior rumah minimalis.

Fungsi dari kolam renang

Mulailah dengan memikirkan untuk apa menambahkan kolam renang pada agenda renovasi rumah Anda. Membuat kolam renang bukanlah proyek yang murah, sedangkan fungsi dan tujuan kolam renang nantinya akan berpengaruh pada bentuk, ukuran, kedalaman, bahkan desain kolamnya. Jika kolam renang lebih ditujukan untuk rekreasi dan tempat bermain anak-anak dan teman-temannya tentu kedalamannya harus diatur agar anak-anak bisa main di kolam dengan tenang. Jika kolam renang tujuannya adalah untuk sarana olahraga, desain kolam persegi panjang lebih cocok untuk aktivitas ini dibandingkan desain yang melingkar, oval, atau bahkan tidak beraturan. Tapi jangan kemudian membangun kolam renang untuk olahraga hanya untuk diabaikan nantinya karena tidak punya motivasi untuk olahraga.

Kondisi lahan yang tersedia

Konsultasikan dengan jasa pembuatan kolam renang yang Anda gunakan mengenai kondisi lahan yang akan digunakan untuk membuat kolam. Idealnya, kolam renang dibangun pada lahan yang datar dan rata. Jika ternyata lahannya miring maka akan dibutuhkan biaya lebih untuk membuat penyesuaian agar kolam renang bisa dibuat di atas lahan yang datar, termasuk juga tekstur dari lahan apakah berbatu, berpasir, atau pada tanah yang tidak stabil. Menggunakan jasa kontraktor kolam renang akan memberikan Anda masukan-masukan terkait dengan desain kolam renang yang cocok sesuai dengan bentuk dan luas lahan yang tersedia.

Kolam renang di dalam atau di atas permukaan tanah?

Hal penting lainnya yang bisa Anda konsultasikan bersama dengan jasa pembuatan kolam renang murah adalah bentuk kolam yang akan berada di dalam maupun di atas permukaan tanah. Kolam yang dibangun dengan menggali tanah akan memberikan kesan desain yang lebih menarik dan kolam yang permanen tapi harganya relatif lebih mahal, terutama jika konstruksi lahan yang tersedia tidak rata. Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat kolam renang di atas tanah apabila ternyata ada aturan tidak boleh melakukan penggalian tanah di lokasi Anda, misalnya karena banyak jaringan kabel, dekat dengan sistem drainase, dan sebagainya. Kolam di atas permukaan tanah juga lebih mudah untuk dihancurkan apabila rumah atau lahan bukan milik Anda sendiri atau ingin sesuatu yang semi-permanen.

Rencanakan budget yang akan digunakan

Bersama dengan jasa pembuatan kolam renang yang Anda sewa, rencanakan dan buat rincian mengenai biaya pembuatan kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kolam yang dibuat dengan bahan material beton biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan kolam renang serat kaca, karena desain yang bisa dibuat dengan sesuka hati dan lebih permanen. Selain itu berbagai macam elemen kolam lainnya juga harus dipertimbangkan misalnya:

  1. Decking

  2. Landscape di sekitar kolam

  3. Menggunakan sistem pemanas air atau tidak

  4. Ingin menambahkan instalasi lampu pada dinding kolam renang atau tidak

  5. Sistem pompa air dan penyaringan yang dipasang

  6. Sistem kebersihan air termasuk bahan kimia yang digunakan, kolam yang bisa membersihkan diri sendiri, dan sebagainya.

  7. Biaya perawatan rutin yang harus ditanggung tergantung dengan jenis kolam renangnya.

  8. Kolam renang beton atau serat kaca?

Telah disebutkan sedikit sebelumnya mengenai dua tipe kolam renang yang paling banyak digunakan pada desain interior rumah minimalis saat ini, yaitu kolam renang beton dan kolam renang yang terbuat dari serat kaca. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk kolam renang yang terbuat dari beton berikut adalah beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan:

  1. Waktu pembuatan lebih lama, cuaca yang buruk dan banyak hujan juga bisa membuat proses konstruksi kolam renang jadi lebih lama

  2. Jika tidak dikonstruksikan dengan baik, dinding kolam renang yang berpori bisa mengundang lumut dan jamur seiring dengan berjalannya waktu

  3. Bentuk, ukuran, dan kedalamannya cukup fleksibel

  4. Banyak pilihan plaster  yang bisa digunakan pada kolam untuk mendapatkan pilihan desain tekstur artistik yang diinginkan

Sedangkan kolam renang dari bahan serat kaca pun sekarang juga cukup populer di kalangan jasa pembuatan kolam renang, berikut adalah faktor pertimbangannya:

  1. Kolam renang dari serat kaca biasanya sudah memiliki bentuk tertentu sehingga pilihan desain yang bisa Anda gunakan bisa lebih terbatas

  2. Harga kolam renangnya lebih kompetitif dan umumnya lebih murah dibandingkan kolam beton

  3. Meski tidak sefleksibel kolam beton, tetapi kolam renang serat kaca juga punya banyak pilihan seperti misalnya kolam infinity, kolam dengan tekanan air untuk spa, dan sebagainya

  4. Perawatan dalam hal menjaga kadar kimia pada air lebih mudah dibandingkan kolam beton.

Membuat desain layout penempatan kolam

Satu hal penting yang wajib untuk dipertimbangkan ketika Anda melakukan renovasi rumah adalah menggambar desain dari perubahan yang akan Anda lakukan pada rumah. Dalam hal ini, letak kolam renang harus dipikirkan dengan baik apalagi jika Anda lebih memilih model kolam renang yang permanen. Pastikan jalan masuk dan keluar menuju area kolam berada di posisi yang bagus, apakah area kolam yang seharusnya jadi privasi penghuni rumah terlihat dari tetangga sebelah? Sediakan pula sebagian lahan untuk tempat santai misalnya untuk meletakkan kursi-kursi outdoor, dan juga area transisi anti-licin misalnya dengan menanam rumput sintetik atau material anti-licin lainnya.

Pastikan jasa pembuatan kolam renang yang Anda pekerjakan adalah para profesional yang tidak hanya menuruti apa kemauan Anda tapi juga bisa memberikan masukan yang terbaik sesuai dengan sumber daya dan juga lahan yang Anda miliki. Kolam renang yang dibuat dengan baik akan menambahkan fitur hiburan di rumah dan akan memberikan manfaat pada kehidupan Anda dalam waktu jangka panjang. Membuat kolam renang juga bisa jadi investasi yang cukup baik karena rumah dengan kolam renang memiliki nilai yang lebih tinggi jika dijual.

Silakan hubungi kami untuk konsultasi pembuatan kolam renang anda, kami akan segera menghubungi anda

Hubungi kami untuk konsultasi. Free Survey

AGET Project

WA : 0811 980 707 (Iron)

Bendungan Hilir 33, Jakarta Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tanya Kami